Pelajaran Penting Tentang Berbisnis Distro

Seperti yang telah kita pelajari sebelumnya, tentang bagaimana seseorang memulai bisnis ini dengan modal yg begitu minim. Sekarang mari kita ulas lagi tentang pokok-pokok penting untuk memulai bisnis distro ini.

Distro (Distribution Outlet) untuk produk pakaian memang bisnis yang sedang marak. Ada banyak jenis Distro, yang skalanya sangat kecil, yang mirip dengan pedagang kaki-lima, hingga Distro yang berskala besar, punya tim desainer Baju T-shirt sendiri, rumah produksi T-shirt Collection sendiri sekaligus toko yang terletak di daerah yang strategis.
Bagaimana agar tetap survive di bisnis T-Shirt Collection ini, bahkan menjadi serius seperti halnya bisnis lainnya?

Pertama-tama yang harus Anda benahi adalah manajemennya. Jika ingin menjadi besar, jangan lagi mengandalkan manajemen dan pembukuan ala kadarnya, ala pertemanan, saling percaya, dll. Karena aku sendiri telah mencobanya, dan alhasil . . . hancur total..!!! hiks"

Perencanaan bisnis juga harus dirubah, dari yang bersifat "go with the flow", tiap hari strategi bisa berubah, menjadi perencanaan bisnis yang solid dan ditentukan secara seksama jangka panjang. Untuk bisa maju, harus dipikirkan secara professional, ke arah mana bisnis Jual T-shirt (Distro) Anda akan dikembangkan. Beberapa pekerjaan rumah Anda antara lain:

1. Lakukan penelitian ulang terhadap bisnis Anda saat ini. Sudah sampai pada tahap manakah Anda melangkah ? Sudah berhasilkah Anda selama ini? Jika sudah berhasil, apa key success factors-nya? Jika belum, apa hambatannya?

2. Bagaimana sebaiknya langkah ke depannya? Apakah sasaran target pembelinya sudah tepat? Apakah positioning Distro Anda di benak target pembeli sudah sama dengan yang Anda harapkan? - Jika Anda ingin mengadakan perubahan, apakah itu sebuah perubahan besar atau hanya sekedar perbaikan dari strategi yang sudah dilaksanakan sekarang?

3. Sudah terkenalkah nama Distro Anda? Apakah namanya mudah diingat dan cocok dengan tema style atau desain Baju T-shirt yang dijual? Perlukah dilakukan re-branding atau memberikan nama baru pada Distro?

4. Apakah sudah cukup puas dengan hanya mendesain saja pakaian-pakaian (Baju T-shirt) tersebut, tanpa mempunyai tim produksi sendiri? Sanggupkah secara manajemen Anda menangani ekpansi ke produksi?

5. Apakah selama ini disain Baju T-shirt yang digunakan adalah desain ‘bajakan’ alias mencontoh desain brand yang sudah terkenal, ataukah desain original hasil kreasi teman-teman sendiri? Apakah desain original Anda sudah mendapat tempat tersendiri di pasar.

6.Apakah lokasi yang sekarang digunakan sudah cukup strategis dan memadai.

7. Bagaimana selama ini promosi yang sudah dilakukan? Sudah optimalkah? Apakah sudah dipikirkan bagaimana membesarkan brand melalui promosi WOM/ word-of-mouth communication atau promosi dari mulut ke mulut?

Jadi, menurut aku sih, bisnis Jual T-shirt jadi akan selalu punya tempat tersendiri. Kita amati sendiri beberapa tahun terakhir ini. Tampaknya bisnis Distro atau factory outlet atau apapun namanya, masih saja digemari konsumen. Mungkin yang berubah adalah jenis produk yang ditawarkan, jenis displaynya, jenis desainnya, dll. Tetapi secara prinsip, bisnis pakaian (Baju T Shirt) jadi akan selalu menjanjikan. Jadi, lanjutkan berusaha di bisnis ini – keep going! Lanjutkan..!!! haha"


Sukses seLaLuw hanya untuk Anda . . . ^ ^






0 komment:

Posting Komentar

Ayo donk kommentarnya,,
Saya menerima semua masukan baik kritik atw sarannya..
trims sebelumnya,, =)