Aplikasi yang Perlu di Terapkan pada Warnet/Game Center Kamu!

Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana kamu mesti mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu sebelum kamu menyiapkan anggaran:

1. CPU

CPU adalah bagian terpenting dari computer, CPU adalah kumpulan dari berbagai part computer sehingga semua proses kerja computer dapat berjalan. Bagian-bagian dari CPU :

o Processor

Processor adalah perangkat elektronik yang berfungsi sebagai otak dari computer, yang dasar perhitungannya berskala Hz, misalnya Intel Pentium 4 2,66Hz. Hingga sekarang Processor yang tersedia di indonesia ada 2 yaitu Intel dan AMD, kedua merek ini memang bersaing mulai pilihan harga, socket, kecepatan processor dan kecepatan cache memory yang disediakan di pasaran. Maka dari itu dalam pemilihan processor ini bergantung pada unsur kebutuhan dari pengguna computer tersebut, atau untuk keperluan apa komputer tersebut akan digunakan.


o MotherBoard

MotherBoard adalah Papan MCB yang berisikan transistor dan chip yang berfungsi mengatur jalannya informasi perintah dari input (Mouse & Keyboard) menuju processor hingga disimpan atau diproses melalui data dalam harddisk. Sama halnya dengan Processor, motherboard juga memiliki banyak pilihan mulai merek yang cukup banyak mulai ASUS, Gigabyte, ECS, Albatron, dll.



Merek disini pengaruhnya tidak berpengaruh besar, hanya masalah distributornya saja, maka dari itu disarankan memilih merek yang memiliki service after salesnya baik dan cepat dalam perbaikan2. dalam memilih motherboard lebih ditekankan pada pemilihan chipset yang digunakan. Setiap motherboard memiliki chipset untuk mengatur semua kinerja komponen2 lainnya agar berjalan sinergi dan stabil. Jika dapat diklasifikasi mulai yang terbaik hingga yang paling buruk performa dan usia pakai chipset adalah sebagai berikut : Nvidia, Intel, VIA, SIS.


Semakin baik chipset yang digunakan biasanya harganya juga semakin mahal. Begitu juga fasilitas yang diusung di motherboard tersebut jika semakin lengkap maka semakin mahal. Itu semua juga tergantung kebutuhan pengguna computer tersebut.

o Hardisk

Harddisk adalah komponen pada CPU yang fungsinya untuk menyimpan data atau pun system yang akan digunakan oleh processor untuk mengolah data ata perintah. Hardisk memiliki spesifikasi mulai dari kecepatan putar disc nya dan jenis socket yang digunakan. Biasanya setiap merek memiliki varian hardisk dengan dua spesifikasi kecepatan putar disc 5400 rpm dan 7200 rpm.


Ada 2 socket yan digunakan yaitu socket ATA 133 dan Socket SATA 150. karena beda socket maka kabel yang digunakan juga berbeda pula sehingga SATA mampu mentransfer data lebih cepat. Yang paling penting dari pemilihan hardisk adalah jumlah kapasitas yang dimiliki hardisk tersebut mulai 40 Gb – 200 Gb yang saat ini paling sering digunakan. Untuk memilih hardisk juga tergantung dari program apa saja yang akan digunakan untuk system atau pun untuk aplikasi lainnya.


o Optical Drive

Optical Drive biasa disebut CD-rom atau DVD-rom hal ini tergantung dari kemampuan optic tersebut. Jika hanya mampu membaca disc dengan format CD ya berarti CD-rom tetapi jika mampu menulis atau burn pada kepingan CD maka dapat disebut CD-RW. Sama halnya dengan DVD tetapi jika DVD-RW dapat menulis di kepingan DVD sekaligus CD. Hingga sekarang terdapat 3 disc yang sering digunakan yaitu CD, DVD, dan BlueRay Disc yang masing2 memiliki kapasitas 700Mb, 4,2Gb dan 50Gb. Dalam pemilihan disc biasanya ditekankan pada kecepatan baca dan tulis dari optical tersebut. Biasanya disebut dengan skala X seperti 52X pada CD-rom, atau 32X16X32X pada CD-RW ini juga merupakan kecepatan baca, tulis dari optical tersebut.

o VGA (Virtual Graphic Adapter)

VGA adalah perangkat yang berbentuk seperti kartu yang ditancapkan pada motherboard melalui socket yang bernama socket AGP dan PCI-Express adalah yang terbaru. Biasanya VGA ini diukur berdasarkan Core Clock dan Memory Clock dan biasanya ditampilkan pada mereknya misalnya Gigabyte ATI Radeon X1550 256 MB. ini artinya merek Gigabyte dengan Chipset ATI Radeon dengan kecepatan kira kira 400-600Hz pada core clock dan Memory clocknya tergantung seri VGA tersebut SE, Pro Atau XT. Sedangkan 256 Mb adalah memori yang digunakan oleh VGA tersebut untuk memproses data dari Processor dan ditampilkan melalui layar monitor.

o Memory (RAM)

Memory adalah perangkat yang berbentuk seperti kartu yang di tancapkan pada slot memory pada motherboard yang biasanya disebut dengan slot SDRam, DDR, DDR2. memory ini berfungsi sebagai ruang pemindah data misalkan dari CD rom ke Hardisk jadi semakin besar kapasitas memorynya maka makin cepat pula transfer data atau proses data yang dilakukan. Untuk jenis memory SDR, DDR, dan DDR2 masing masing memiliki kecepatan transfer yang berbeda yang biasanya disebut dengan misalnya Kingston DDR2 512Mb (533) berarti merek kingston dengan jenis Slot DDR2 dengan kapasita 512Mb dengan kecepatan transfer 533 ini berhubungan dengan FSB pada spesifikasi motherboard dan processor yang tersedia.


o Casing

Casing adalah tempat motherboard diletakkan dan sekaligus tempat semua komponen mulai hardisk, Optical Drive, Power Supplay dan dilengkapi dengan fan untuk menjaga temperatur udara dalam casing agar selalu dalam kondisi normal.



2. Monitor

Monitor adalah sebuah alat elektronik untuk menampilkan secara visual apa yang sedang CPU kerjakan. Dalam kinerjanya monitor sangat dibantu oleh VGA dalam menampilkan gambar-gambar dengan resolusi besar dan dapat bergerak dengan halus tanpa putus-putus.


3. Keyboard dan Mouse

Keyboard adalah papan ketik berisi angka dan huruf yang digunakan untuk input, sama halnya dengan mouse.


Perencanaan


1. Lokasi

Lokasi yang dipilih sesuai adalah ruko yang berada di daerah Gresik, dengan target pasar yang mayoritas pelajar maka lokasi yang dipilih adalah dekat dengan keramaian dan pusat aktivitas pelajar, dengan demikian target pasar dapat menggunakan fasilitas ini untuk mencari tugas dan bermain juga.

2. Spesifikasi Computer

Spesifikasi untuk game adalah menggunakan peralatan computer paling canggih yang disesuaikan dengan kebutuhan game yang akan diinstall di computer tersebut. Untuk mendapatkan harga yang tidak terlalu mahal maka digunakan part computer pada level yang paling laris saat ini dengan merek terbaik agar memiliki usia pakai yang panjang.


Spesifikasi yang digunakan adalah:

o Processor AMD Athlon64 3200+

Untuk bermain game pada processor yang paling baik digunakan adalah processor yang memiliki L2 cache memory lebih besar daripada L1 Cache memory nya. Karena L1 Cache memory biasanya digunakan untuk memproses data seperti transfer data, loading, dan melakukan instalasi. Sedangkan L2 Cache memory lebih sering digunakan untuk memproses data visual. Biasanya game bermasalah di tengah-tengah permainan misalnya HANG, LAG, dan hal ini biasanya disebabkan karena proses data visual kurang baik. Jadi untuk spesifikasi game lebih baik menggunakan processor AMD, Karena AMD memilik L2 Cache memory yang lebih besar dari pada L1 Cache memory nya. memang jika menggunakan Processor ini proses loading akan berlangsung sedikit lebih lambat tapi saat bermain game performanya lebih baik sehingga mengurangi komplain dari pelanggan.


o MotherBoard Gigabyte

Service After sales yang paling cepat dibanding merek lain.


o Memory Kingston DDR2 512Mb (533)

Karena game terbaik sekarang membutuhkan spesifikasi memory yang cukup besar maka diperlukan memory yang cukup bersar untuk menambah kinerja computer tersebut maka digunakan merek kingston dengan kapasitas memory 512Mb karena selain service after salesnya bagus serta memiliki usia pakai yang cukup lama dibanding merek lain.


o Hardisk Seagate Baracuda 120Gb 7200rpm

Rata2 game sekarang membutuhkan 4Gb Disk free untuk tiap gamenya. Jika dalam satu computer berisi sekitar 16 – 20 game maka diperlukan hardisk yang cukup besar agar bisa menampung semua game tersebut.


o VGA HIS X1550 256Mb

Agar tampilan saat bermain game tidak putus-putus serta dapat menggunakan resolusi yang tinggi sehingga terlihat indah dan dan realistis, hal ini menambah sensasi saat bermain game.


o Monitor LG Flat 17”

Untuk mengurangi radiasi ke mata serta menambah kenyamanan pemain game yang rata2 bermain lebih dari 2 jam, maka digunakan monitor yang menggunakan banyak layer di kacanya seperti light frame pada philips serta live view pada LG. Intinya semua menambah kenyamanan saat bermain game dan menambah indah tampilan computer itu sendiri.


o Speaker Creative SBS 2.1

Speaker biasanya digunakan yang biasa, padahal dari speaker ini sensasi bermain game menjadi semakin realistis. Maka dari itu digunakan speaker dengan 2 sattelite dan 1 Sub Woofer. Sehingga mulai suara tweeter hingga bass dapat terdengar dengan baik.


o KeyBoard & Mouse 1 Set Logitech Optical

Karena sekarang mouse dengan menggunakan bola sudah mulai ditinggalkan karena perawatan untuk membersihkan roller di dalam mouse tersebut dirasa merepotkan. Maka sekarang digunakan mouse dengan optical sebagai pengganti bola yang pada prakteknya hampir tidak memerlukan perawatan kebersihan pada alasnya, sehingga kini membersihkan hanya pada tombol mouse dan keyboard saja. Dengan demikian memudahkan operator untuk bekerja.



3. Program


* Operating System Windows XP Home ( System )
* Open Office 2.2 (aplikasi)
* Mozila Firefox, Opera ( browsing internet )
* Flash Get ( Download )
* Yahoo Messengger 8.1, mIRC 6.35, Skype ( Chatting )
* Winamp, Realplayer ( pemutar Audio/Video )

o Game Online

* Seal indo Online ( Petualangan ), Kartun, Lucu, Mudah dimainkan
* Rising Force indo Online ( Petualangan ) Perang Robot, Tegang, Rumit
* Ayo Dance ( Ketangkasan ) Dansa, Mudah dimainkan
* GetAmped R ( Ketangkasan ) Fighting, lucu, mudah dimainkan
* Ragnarok Online ( Petualangan ) Rumit, Game lama
* RAN Online ( Petualangan ) Perang, game menengah
* Perfect World Online, Street Idol, Rohan Online, Lineage, Gunbound, dsb..

o Game Offline

* Counter Strike ( Tembak Menembak ) tegang, mudah
* Warcraft III ( Strategy ) Tegang, rumit
* Generals Zero Hour ( Strategy ) perang dunia, mudah
* MotoGP 3 ( Balap Motor ) Tegang, menengah
* NFS Underground 2 ( Balap Mobil ) Seru, Tegang, Menengah
* NFS Carbon ( Balap Mobil ) Tegang, Menengah
* BattleField 2 ( Tembak Menembak ) Tegang, perang Paling lengkap.
* Age of Empire 3, dan game-game emulator lainnya..

Semua ini hanya sebagai acuan saja yang biasa digunakan pada warnet/game center pada umumnya. Apabila kamu ingin memiliki warnet/game center dengan fasilitas yang lebih, apalagi dengan budget/anggaran yang amat sangat mencukupi, maka kamu bisa menambahkan atau bahkan mengganti segala peralatan yang aku terapkan disini.

Untuk masalah berapa anggaran yang harus di keluarkan, sudah pernah kita bahas pada postingan-postingan sebelumnya. Untuk segala kekurangan dan kelebihannya harap maklum, karena kita sama-sama belajar.. hehe” =)

Feel it.. Enjoy it..

Sukses seLaLuw hanya untuk Anda . . . ^ ^






0 komment:

Posting Komentar

Ayo donk kommentarnya,,
Saya menerima semua masukan baik kritik atw sarannya..
trims sebelumnya,, =)