Kiat-Kiat Menulis Artikel bagi Blogger

Banyak penulis amatir ingin mempublikasikan karyanya di internet, itulah mengapa kita nge-blog. Dari blog itu sendiri kita dapat mempublikasikan hasil karya tangan kita sendiri, atau malah bisa kita jual untuk menambah penghasilan. Oleh sebab itu, perlunya belajar menulis untuk menghasilkan keuntungan bagi kita sendiri. Berikut tips-tips yang sekiranya mudah untuk dilakukan:

1. Just Do It!

Kebanyakan orang (termasuk aku sendiri) suka merumitkan masalah. Masalah yang seharusnya tidak ada tetapi kita bikin nakut”in diri sendiri. Ini juga karena kita tidak PD, dan tidak mempercayai kemampuan diri kita.

Kalau dengar yang namanya nulis content di blog sudah keburu takut duluan. Padahal tidak susah-susah amat koq. Asal anda mempunyai pengetahuan di suatu bidang, sebenarnya anda sudah bisa menulis di blog.

Beneran, anda tidak perlu menjadi expert yang tahu semuanya. Anda cukup mengerti di suatu bidang lebih dari rata-rata orang, dan anda pun bisa menulis content di blog anda sehingga tulisan anda bisa bermanfaat buat orang lain.

Saya bocorkan suatu rahasia: Tidak ada orang yang tahu semuanya. Ya, termasuk Albert Einstein pun! Kalau orang tahu semuanya, maka ia tidak akan pernah belajar lagi dong?

“JUST DO IT..!!!”

Jangan terlalu banyak analisa, terlalu mau perfect, atau cari-cari alasan ‘’tapi ini lah… itu lah…bla bla bla”. Mulailah menulis posting pertama di blog anda, dan posting berikutnya pun akan mengalir secara otomatis.

2. Hilangkan Semua Gangguan

Seringkah anda mau mencoba mengerjakan sesuatu tetapi karena adanya banyak gangguan, akhirnya tugas yang anda mau kerjakan terlantar dan tidak selesai pada waktu yang tepat?

Misalnya anda telah memutuskan untuk menulis 1 artikel setiap hari untuk blog anda, tetapi karena banyak gangguan seperti teman telepon, TTM anda ajak YM’an atau Facebook’an, setiap 5 menit cek email anda di Outlook dan forward-forward-an jokes ke teman anda, pasangan anda ajak pergi jalan-jalan, TV anda menyala dengan sinetron yang lagi beken, dsb.

Dengan adanya gangguan” seperti ini, menurut anda apakah anda akan selesai pada waktu yang ditentukan?

Aku gag perlu jawab kali yag? Hehe”

U know the answer . . .

Kalau aku mau fokus mengerjakan sesuatu, aku akan matikan semua hal yang menggangu aku, seperti mematikan Outlook, YM, MSN, Skype, TV, dll yang saya anggap bakal mengganggu pekerjaan aku.

Setelah aku selesai, baru aku menyalakan kembali. Walaupun akhirnya bakalan kelewat semua ceritanya.

3. Menulis Dengan Gaya Bicara

Tulislah di blog anda seakan-akan anda berbicara kepada pengunjung anda. Orang lebih suka dan lebih tertarik ketika anda menulis dengan gaya bicara Anda sendiri, karena lebih terkesan informal. Biasanya kalau suasana formal, pengunjung akan merasa lebih tegang, dan kalau suasana informal mereka akan merasa lebih nyantai.

Nah aku tanya kepada anda, lebih mudah belajar dan menyerap informasi ketika tegang atau nyantai? Haaiioo”..

4. Gunakan Bahasa Yang Santai Dan Mudah Dimengerti

Siapa sih yang suka bahasa yang susah dimengerti?

Baku banget gitu loh..

Gila kali yag? Hehe”

Kalau anda menggunakan bahasa formal yang terlalu baku yang mengikuti aturan-aturan di buku, pengunjung akan merasa lebih tegang dan boring.

Coba saja anda baca buku-buku tebal yang formal yang digunakan oleh dosen-dosen di universitas (buat para dosen yang kebetulan baca ini, tidak ada maksud apa-apa lho.. :p)

5. Tulislah Seakan-Akan Anda Menulis Kepada 1 Orang

Ada 2 orang yang tidak anda kenal mengirim email ke anda, sebut saja si A dan B.

Si A mengiri email seperti ini:

————————————————————

Hallo Pak Hafiz,

Apa kabar nih? Saya A dari perusahaan XYZ, dan ingin menawarkan produk kami kepada anda. Kira” kapan ya Pak Hafiz ada waktu untuk ketemu?

————————————————————

Si B mengirim email seperti ini:

————————————————————

Hallo Pak,

Apa kabar nih? Saya A dari perusahaan XYZ, dan ingin menawarkan produk kami kepada anda. Kira” kapan ya Bapak ada waktu untuk ketemu?

————————————————————

Anda lebih tertarik membaca email yang mana? A atau B?

Kalau anda seperti kebanyakan orang, maka anda akan lebih tertarik membaca email dari A.

Kelihatannya, A menulis seperti ia mengirim email khusus kepada anda. Padahal belum tentu.

Kelihatannya, B menulis seperti ia mengirim email massal kepada ratusan atau ribuan orang. Padahal belum tentu juga.

Terlepas apakah A dan B masing2 mengirim email khusus kepada anda atau secara massal, yang terpenting adalah persepsi anda. Jika anda berpersepsi A menulis email khusus kepada anda, dan anda berpersepsi B menulis email secara massal kepada anda, tentunya anda pasti akan lebih senang membaca email dari A.

Intinya: orang lebih menyukai dan menghargai anda apabila anda terkesan menulis hanya untuk orang tsb, dan bukan secara massal.

6. Tulis Dulu, Baru Edit

Kunci untuk menulis dengan cepat adalah menulis terlebih dahulu, lalu baru edit.

Mengapa?

Karena jika anda baru menulis 1 atau 2 kalimat, lalu anda berusaha untuk edit kalimat-kalimat tsb, maka anda akan menghabiskan banyak waktu.

Selain itu, otak anda yang seharusnya ‘free flow’ dengan ide-ide yang mau dituangkan ke tulisan akhirnya menghilang karena anda lupa mau tulis apa saja.

Berapa sering setelah anda meng-edit tulisan yang baru saja ditulis, lalu ketika anda mau melanjutkan tulisan anda, anda bilang:

“Eh, tadi gue mau nulis apa ya?”

7. Gunakan Emoticons

Apa itu emoticons?

Contoh emoticons yang umum adalah:

Dengan menggunakan emoticons seperti ini, kan suasana jadi lebih informal, dan anda sebagai penulis blog juga terkesan lebih ramah dan baik.

Dengan demikian, pengunjung akan lebih merasa nyaman dengan anda dan blog anda.

Itulah 7 tips dari aku. Semoga bisa membantu anda menulis di blog anda lebih menarik dan lebih efektif. Dan tidak ada salahnya apabila setelah Anda membaca ini, maka Anda langsung mempraktekannya pada blog Anda.

Sukses sLaLuw hanya untuk Anda . . . ^ ^


0 komment:

Posting Komentar

Ayo donk kommentarnya,,
Saya menerima semua masukan baik kritik atw sarannya..
trims sebelumnya,, =)